Home / Tips Bekerja / TIPS BIAR SUKSES PADA SAAT DIWAWANCARA KERJA!!

TIPS BIAR SUKSES PADA SAAT DIWAWANCARA KERJA!!

TIPS WAWANCARA

1. Kenalan dengan perusahaan
Caranya, jangan malas mencari tahu semua informasi tentang calon perusahaan tempat kita bekerja. Hal ini penting karena kerap kali pertanyaan tentang alasan Anda melamar suatu pekerjaan muncul dalam sebuah interview kerja.

Jika Anda melakukan “riset” kecil-kecilan, maka Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan informasi detail. Dengan mengetahui perusahaan sebelum Anda memulai wawancara kerja, Anda juga akan memiliki bekal pertanyaan untuk interviewer di akhir sesi.

2. Berlatih menjawab pertanyaan
Pikirkan tentang pertanyaan apa saja yang biasanya diajukan para pewawancara. Kemudian, latihlah jawaban Anda dengan menyuarakannya secara lantang atau menuliskannya di kertas. Tetapi, jangan membaca apa yang Anda tulis itu selama interview karena hal ini justru akan membuat Anda tidak fokus.

Beberapa pertanyaan yang umum diajukan saat interview kerja:
- Gambarkan keadaan ketika seseorang mengkritik hasil kerja Anda.
- Apa kelemahan Anda?
- Mengapa Anda melamar untuk posisi ini?
- Mengapa Anda kandidat terbaik untuk posisi ini?

3. Persiapkan portofolio
Anda akan terlihat profesional dan kredibel ketika membawa hard copy portofolio dalam sesi interviewkerja. Bahkan, beberapa contoh pekerjaan saja sudah cukup memberikkan kesan yang baik.

4. Persiapkan pakaian
Apa yang Anda kenakan sangatlah penting. Anda harus memberikan penampilan profesional saatinterview kerja. Selain itu, mengetahui baju apa yang akan Anda kenakan juga akan membuat hari Anda lebih mudah.

Anda bisa menyesuaikan busana yang Anda kenakan dengan jenis perusahaan yang Anda datangi.

5. Latihan berkomunikasi 
Jika Anda terbiasa menatap lantai ketika orang lain bicara dengan Anda, maka Anda perlu belajar kontak mata. Anda juga perlu meningkatkan energi Anda untuk interview, terutama jika Anda melamar untuk posisi costumer service. Tampillah antusias, tapi jangan berlebihan.

6. Tarik napas dalam sebelum interview 
Jika Anda merasa gugup, cobalah menarik napas panjang untuk meredakan kegugupan Anda.

Ingat saja, wawancara kerja bukan sesi penghakiman. Pastikan Anda memberikan semua detail yang diminta dalam semua jawaban yang pantas kepada interviewer. Jawaban yang tepat menunjukkan Anda memiliki kemampuan dan ambisi dalam pekerjaan.

Terakhir, terkadang Anda tampil sempurna dalam sebuah wawancara kerja. Tetapi Anda belum juga kunjung diterima. Jika menghadapi situasi ini, jadilah diri sendiri sebaik-baiknya, lalu tindak lanjuti pertemuan Anda dengan mengirimkan surat terima kasih ke interviewer Anda.

Sumber : okezone