Home / Tentang JPC UNIK

Tentang JPC UNIK

Latar Belakang

Universitas Kadiri setiap tahun meluluskan sekitar 1000 sarjana maupun program Diploma. Menurut data Evaluasi diri Universitas Kediri, setiap tahunnya diperkirakan 30% lulusan masih kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan sampai lebih dari 12 bulan. hal ini karena keterbatasan informasi tentang lowongan pekerjaan yang diharapkan dan sedikit sekali para lulusan baru yang mendapat informasi langsung dari perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Maka pada hari senin, 26 Maret 2012 dibentuklah Job Placement Center (JPC) Universitas Kadiri sesuai dengan SK Rektor Nomor 005/Sek/III/2012 sebagai lembaga yang mempunyai tugas menjembatani antara dunia usaha (yang membutuhkan tenaga kerja) dengan lulusan Universitas kadiri (sebagai pencari kerja).

Lembaga ini di dirikan dengan maksud bisa mengkoordinir semua kegiatan penyaluran lulusan Universitas Kadiri ke dunia kerja, mengembangkan kegiatan civitas akademika dalam kerjasama dengan stake holders (Perusahaan maupun Instansi Pemerintah dan Swasta) untuk mengintegrasikan kegiatan akademik dengan dunia kerja. Bersamaan dengan itu JPC harus mampu menyelenggarakan Bursa Kerja, Berkait dengan ┬áBursa Kerja, para alumni dapat mengajukan lamaran langsung keperusahaan-perusahaan, ┬ádan penghubung perusahaan – perusahaan peserta Bursa Kerja memperoleh peluang yang sangat luas untuk menyeleksi pelamar kerja secara langsung.

Dengan berdirinya JPC Unik Kediri diharapkan bisa memperpendek masa tunggu para alumni baru untuk memperoleh kerja yang diharapkan. JPC Unik Kediri juga mempunyai program menyiapkan civitas akademika (dalam hal ini adalah Praktek Kerja Langsung) untuk menghadapi dunia kerja bila sudah lulus.

Selain itu kualitas dan citra suatu Universitas seringkali dihubungkan dengan cepat tidaknya lulusannya terserap lapangan kerja, ini berarti semakin cepat lulusan terserap dalam dunia kerja maka semakin baik kualitas dan citra Universitas tersebut. Oleh karena itu JPC berusaha atau berperan menjawab tantangan yang berkaitan dengan mempersiapkan mahasiswa dan alumni terjun di dunia usaha dan Industri.