Loading...
Wednesday, 19 Jan 2022

JOB PLACEMENT CENTER

Unit Karir Universitas Kadiri

Sosialisasi Program Wirausaha Merdeka Belajar Kampus Merdeka Internal

Berita Umum | 30 Nopember 2021 11:11 wib
Universitas Kadiri Sosialisasikan Kebijakan Program Wirausaha Merdeka Belajar Kampus Merdeka Internal

Program Kampus Merdeka adalah kebijakan pemerintah untuk memberikan  hak belajar tiga semester di luar program studi. Pada hak belajar tiga semester di luar program studi/di luar Perguruan Tinggi/di dunia industri. Berbagai bentuk aktivitas di luar program studi diantaranya adalah magang/praktik kerja industri/tempat kerja lainnya, melaksanakan proyek pengabdian masyarakat di desa, mengajar di satuan pendidikan, mengikuti pertukaran pelajar, melakukan kegiatan wirausaha, melakukan penelitian, membuat studi/proyek independen, mengikuti proyek kemanusiaan, dan bela negara (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020).


Salah satu bentuk Program MBKM adalah Kegiatan Wirausaha, Wirausaha merupakan kegiatan mahasiswa yang memberikan kesempatan menciptakan aktivitas usaha melalui analisis kebutuhan dan peluang pasar. Bentuk pembelajaran wirausaha berupa praktik langsung berwirausaha yang dilakukan secara terencana dan terprogram. Kegiatan wirausaha dapat berwujud produk atau layanan jasa. Program ini diharapkan dapat menjadi cikal bakal lahirnya wirausahawan dari kalangan kampus yang dapat membuka kesempatan kerja secara luas.


Berkaitan dengan program tersebut, Job Placement Center Universitas kadiri Selaku PIC program Kewirausahaan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Wirausaha Merdeka Belajar Kampus Merdeka Internal atau PW-MBKM-I sebagai bentuk implementasi MBKM pada hari Senin (29/12/2021)  yang dilaksanakan di ruang A2-11. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Wakil rektor III, serta Wakil Rektor I, II, dan IV serta peserta lain yakni dari Biro, Dekan, Pusat Penjaminan Mutu (PPM) dan Kepala Program Studi.


Acara ini dibuka oleh Bpk, Kustanto, S.H., M.S. dan dilanjutkan oleh Bpk. Imam safi'i, S.T., M.T yang menyampaikan konsep kebijakan  PW-MBKM-I yang mendukung program MBKM. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, implementasi kebijakan MBKM di universitas kadiri dapat terlaksan secara maksimal. Diharapakan denngan adanya PW-MBKM-I dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha untuk mengembangkan ide menjadi usaha kreatif dan inovatif, memfasilitasi mahasiswa mengaplikasikan rencana bisnis yang telah didapatkan saat mengikuti kuliah kewirausahaan menjadi sebuah usaha dan akhirnya mampu meningkatkan jumlah wirausahawan dari kalangan intelektual kampus

Link
Dilihat 63 kali