JOB PLACEMENT CENTER

Unit Karir Universitas Kadiri
Monday, 29 Apr 2024

Seminar Karir Kolaborasi dengan Wardah Kediri

Berita Umum | 15 Juni 2023 00:00 wib Seminar Karir "How to Deal with Life After Campus" Kolaborasi dengan WARDAH Kediri

Dalam rangka membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja setelah lulus kuliah, Job Placement Center Universitas Kadiri (JPC UNIK) bekerja sama dengan Wardah Kediri, menyelenggarakan seminar karir bertema "How to Deal with Life After Campus". Acara ini merupakan bagian dari program Wardah Beauty Moves Youth School Roadshow. Seminar tersebut diisi oleh pembicara dari Wardah, yaitu Aswita A. Ersa M. (HRBP DC Kediri) dan Lailatul M. (Demand Creation Leader), dengan moderator Ria Lestari, S.E., M.M, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kadiri. 


Seminar karir ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menentukan langkah-langkah setelah lulus kuliah dan mempersiapkan diri untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Melalui seminar ini, mahasiswa diberikan wawasan bahwa saat ini terdapat banyak peluang kerja yang terbuka. Dunia kerja tidak terbatas pada pekerjaan di kantor, namun juga meliputi profesi seperti Youtuber, Influencer, Beauty Vlogger, Make-Up Artist (MUA), dan berbagai pekerjaan kreatif lainnya.


Aswita, sebagai perwakilan dari pihak HRD, menjelaskan bahwa perusahaan memiliki harapan tertentu terhadap calon karyawan. Beberapa hal yang diharapkan adalah motivasi diri yang tinggi, kemauan untuk terus belajar, kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan beradaptasi dalam bekerja tim, dan sikap positif. Karyawan yang memiliki karakteristik tersebut dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan tempat mereka bekerja.


Selain itu, melalui tes kepribadian, mahasiswa dapat mengetahui kepribadiannya dan pekerjaan yang sesuai dengan karakteristiknya. Dengan demikian, mereka dapat menentukan tujuan karir mereka dan mempersiapkan diri untuk mencapainya.


Seminar ini juga memberikan pembelajaran kepada mahasiswa tentang cara membuat CV yang baik dan menjalani wawancara kerja yang sukses. Wawancara akan dinilai dari awal pertemuan (first impression), perilaku selama wawancara, cara berpakaian yang sesuai, hingga kemampuan menjawab pertanyaan dari pihak HRD.


Diharapkan melalui seminar karir ini, mahasiswa dapat mulai mengambil keputusan dan mempersiapkan karir mereka di masa depan. pada sesi kedua, peserta juga diajari tentang pentingnya Personal Branding. Mereka diberikan pemahaman untuk mengetahui nilai-nilai dan karakter yang dimiliki serta bagaimana membangun citra diri yang positif. Personal branding dapat tercermin dari karakter, prestasi, dan penampilan seseorang.


Acara ini ditutup dengan demonstrasi make up yang diselenggarakan sebagai bagian dari penutupan seminar karir. Peserta dapat melihat secara langsung teknik dan tips make up yang diberikan oleh ahli dari Wardah.


Dengan suksesnya seminar karir ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tantangan di dunia kerja setelah lulus kuliah. Semoga acara serupa dapat terus diselenggarakan untuk memberikan wawasan dan bimbingan kepada generasi muda yang siap memajukan Indonesia.

Dilihat 402 kali
Link