JOB PLACEMENT CENTER

Unit Karir Universitas Kadiri
Tuesday, 23 Apr 2024

SEJARAH

Universitas Kadiri setiap tahun meluluskan sekitar 1000 mahasiswa mulai jenjang Diploma sampai Magister. Menurut data evaluasi diri Universitas Kediri, setiap tahunnya diperkirakan 30% lulusan masih kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan sampai lebih dari 12 bulan. Hal ini karena keterbatasan informasi tentang lowongan pekerjaan dan sedikit sekali para lulusan yang mendapat informasi langsung dari perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Maka pada Hari Senin, 26 Maret 2012 dibentuklah Unit Karir Job Placement Center  Universitas Kadiri atau disingkat dengan JPC sesuai dengan SK Rektor Nomor 005/Sek/III/2012 sebagai lembaga yang mempunyai tugas menjembatani antara dunia usaha (yang membutuhkan tenaga kerja) dengan lulusan Universitas kadiri (sebagai pencari kerja).

Lembaga ini didirikan dengan maksud supaya dapat mengkoordinir semua kegiatan penyaluran lulusan Universitas Kadiri ke dunia kerja, mengembangkan kegiatan civitas akademika dalam kerjasama dengan stakeholders (perusahaan maupun instansi Pemerintah atau swasta), dan untuk mengintegrasikan kegiatan akademik dengan dunia kerja. Bersamaan dengan itu JPC harus mampu menyelenggarakan kegiatan dalam rangka menunjang mahasiswa atau alumni Universitas Kadiri dalam mempersiapkan kompetensi dalam dunia kerja seperti mengadakan pembekalan, pelatihan softskill atau hardskill, menyelenggarakan bursa kerja (job fair), dan program kerja penunjang lainnya. 

Dengan berdirinya JPC diharapkan bisa mempersingkat masa tunggu lulusan dala memperoleh pekerjaan yang diharapkan. JPC juga mempunyai program menyiapkan civitas akademika (dalam hal ini adalah Praktek Kerja Langsung) untuk menghadapi dunia kerja bila sudah lulus.

Selain itu kualitas dan citra suatu universitas seringkali dihubungkan dengan cepat tidaknya lulusannya terserap di lapangan kerja, ini berarti semakin cepat lulusan terserap dalam dunia kerja maka semakin baik kualitas dan citra universitas tersebut. Oleh karena itu JPC berusaha atau berperan menjawab tantangan yang berkaitan dengan mempersiapkan mahasiswa dan alumni terjun di dunia usaha dan industri.