JOB PLACEMENT CENTER

Unit Karir Universitas Kadiri
Thursday, 25 Apr 2024

Universitas Kadiri menjadi Anggota Indonesia Career Center Network (ICCN)

Berita Umum | 12 Desember 2023 14:40 wib Universitas Kadiri bergabung menjadi anggota dari Indonesia Career Center Network (ICCN)

Tergabungnya Universitas Kadiri menjadi anggota Indonesia Career Center Network atau ICCN melalui Unit Karir Job Placement Center (JPC) menjadi sebuah pencapaian yang manis di akhir tahun. Pasalnya, keanggotaan ini sempat macet dan sekarang sudah berhasil diperpanjang kembali. Dengan ini menjadikan Universitas Kadiri sebagai perguruan tinggi yang memiliki unit karir tersendiri dapat mengikuti kegiatan karir yang diselenggarakan oleh ICCN.

Indonesia Career Center Network (ICCN) merupakan sebuah perkumpulan profesi pengelola pusat karier perguruan tinggi Indonesia. ICCN memiliki tujuan untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia Indonesia melalui standarisasi pelayanan pusat karier perguruan tinggi Indonesia. Dengan adanya ICCN, diharapkan pusat karier perguruan tinggi dapat berkolaborasi untuk dapat saling berbagi dan menguatkan satu sama lain. Saat ini ICCN memiliki anggota sekitar 200 pusat karier perguruan tinggi Indonesia.

Kehadiran jejaring ini menjadi wadah atau sarana berbagi pengetahuan, pengalaman, konsultasi dan mencari solusi permasalahan dalam mengelola pusat karir di perguruan tinggi. Dengan jejaring ini juga diharapkan adanya percepatan dalam peningkatan peran, layanan dan profesionalisme pengelolaan pusat karir yang disesuaikan dengan karakter perguruan tinggi masing-masing. Lebih dari itu, jejaring ini juga menjadi sebuah konsekuensi dan kebutuhan sekaligus harapan untuk dapat menjawab tantangan di masa depan yang dihadapi oleh pusat karir itu sendiri khususnya, dan SDM lulusan perguruan tinggi pada umumnya.

Melalui jejaring ini diharapkan menjadi sarana bertemunya semua stakeholder yang berkaitan dengan SDM di Indonesia, baik dari unsur pemerintah di lintas kementerian, perguruan tinggi, perusahaan sebagai pengguna lulusan, berbagai asosiasi profesi, para mahasiswa dan alumni perguruan tinggi dan para pencari kerja itu sendiri. Tujuan akhirnya adalah peningkatan SDM di Indonesia.

ICCN merupakan sebuah era baru dimana persaingan atau kompetisi antar-perguruan tinggi sudah selayaknya ditinggalkan, khususnya dalam lingkup peningkatan kualitas SDM/lulusannya. Upaya kerjasama dan saling menguatkan perlu dikedepankan untuk masa depan SDM Indonesia yang lebih baik dan berkualitas, menuju persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Sumber : Website ICCN (https://indonesiacareercenter.id/sejarah-iccn/)

Dilihat 531 kali
Link