JOB PLACEMENT CENTER

Unit Karir Universitas Kadiri
Friday, 31 May 2024

Selamat! 4 Kelompok Wirausaha Mahasiswa Lolos Pendanaan P2MW 2024

Berita Umum | 30 April 2024 10:39 wib Selamat dan Sukses kepada 4 Kelompok Wirausaha Mahasiswa Universitas Kadiri yang Lolos Pendanaan P2MW 2024

Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha atau P2MW pada tahun ini kembali dibuka. Program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI menjadi salah satu program yang dinanti oleh seluruh penggiat wirausaha khususnya bagi kalangan mahasiswa di perguruan tinggi negeri maupun swasta. P2MW merupakan program pengembangan wirausaha mahasiswa yang telah memiliki usaha baik tahap awal maupun sudah berjalan melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa yang lolos pendanaan P2MW. Sebanyak 2017 ide bisnis berhasil mendapatkan pendanaan, baik dari kampus negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.


Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) merilis pengumuman pendanaan proposal P2MW pada hari Sabtu 27 April 2024. Tahun ini, Universitas Kadiri berhasil meloloskan 4 kelompok untuk mendapatkan pendanaan dari 8 kelompok yang diusulkan. Diketahui, setiap perguruan tinggi hanya dapat mengusulkan maksimal 20 usulan, yaitu pada kategori Bisnis Digital 5 usulan, Budidaya, Jasa Pariwisata & Perdagangan, Makanan & Minuman, Manufaktur & Teknologi Terapan, Industri Kreatif, Seni & Budaya masing-masing 3 usulan.


Prestasi ini sangat membanggakan bagi Univeristas Kadiri karena 3 (tiga) tahun berturut-turut dapat meloloskan kelompok wirausaha mahasiswa untuk mendapatkan pendanaan dari Kemdikbud. Jumlah kelompok yang mendapatkan pendanaan pada tahun ini juga meningkat 100% dari tahun sebelumnya. Harapannya tahun depan dapat ditingkatkan kembali dengan perbaikan dan peningkatan kualitas pada proposal usaha mahasiswa. Semoga kelompok wirausaha mahasiswa yang lolos pada tahun ini dapat lolos lagi di ajang KMI EXPO XIV yang akan dilaksanakan di Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara pada bulan Oktober nanti.


Adapun nama-nama kelompok yang lolos pendanaan adalah sebagai berikut:

- INCLATS : Kerajinan Gelang Tali Paracord (Kategori : Industri Kreatif, Seni, & Budaya)

- Inovasi Nata de Pina dari Limbah Kulit Nanas Madu (Kategori : Makanan & Minuman)

- Jthreep : Tas Anyaman (Kategori : Industri Kreatif, Seni, & Budaya)

- Kerupuk Pecress (Kategori : Makanan & Minuman)


Dilihat 256 kali
Link