JOB PLACEMENT CENTER

Unit Karir Universitas Kadiri
Thursday, 28 Mar 2024

Pedoman Tracer Study Universitas Kadiri

Laporan Tracer Study | 01 Januari 1970 07:00 wib Pedoman Tracer Study Universitas Kadiri

1.1 Pengertian Tracer Study

Tracer Study adalah survei kepada alumni yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi untuk menggali informasi berkaitan dengan perjalanan lulusan di dunia kerja. Menurut Unud, 2007 dalam buku Panduan Tracer Study menyatakan bahwa penelitian mengenai keterampilan lulusan sebagai pekerja sangat dibutuhkan untuk mengerti spesifikasi kompetensi dasar lulusan yang diinginkan oleh pasar kerja. Selain itu, alasan lainya adalah kebutuhan institusi untuk memperoleh informasi, kebijakan atau permintaan dari pemerintah ataupun swasta. Terdapat beberapa istilah yang memiliki pengertian yang hampir sama dengan tracer study, yaitu seperti graduate survey, alumni research, follow up study, dan labor market signal.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa tracer study di Universitas Kadiri merupakan studi yang dilakukan terhadap lulusan Universitas Kadiri yang terkait transisi dari perguruan tinggi menuju dunia kerja. Sasaran dari tracer study ini adalah lulusan atau alumni baik yang sudah bekerja pada suatu instansi atau wirausaha maupun lulusan yang belum bekerja dengan perhitungan kohort yaitu 1 (satu) tahun setelah lulus.

Selain definisi diatas terdapat beberapa pengertian lainya bahwa tracer study merupakan perencanaan dan pengambilan keputusan pada institusi pendidikan, perencanaan alokasi sumber daya manusia baik di instansi pemerintah dan swasta, maupun di kalangan industri. Tracer study juga didefinisikan sebagai kesesuaian antara hasil pendidikan dan bidang kerja, dan tracer study merupakan informasi tentang suasana kerja dan kondisi responden pada saat masuk kerja.


1.2 Tujuan Pelaksanaan Tracer Study

Berikut ini adalah beberapa tujuan dilaksanakanya tracer study, yaitu:

  1. Mengevaluasi output/outcome Universitas Kadiri
  2. Memperoleh informasi kesuksesan lulusan dalam karir, status, pendapatan, serta relevansi antara pengetahuan dan keterampilan dengan pekerjaanya.
  3. Sebagai tanggung jawab (akuntabilitas) Universitas Kadiri dalam menyiapkan peserta didiknya menghadapi dunia kerja pada masa mendatang.
  4. Sebagai dasar untuk pengembangan Universitas Kadiri selanjutnya dalam konteks akreditasi.
  5. Sebagai dasar untuk melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran di Universitas Kadiri.

1.3 Manfaat Tracer Study

Hasil tracer study di Universitas Kadiri memiliki beberapa manfaat yaitu:

  1. Bagi perencana institusi pendidikan adalah sebagai indikator efisiensi eksternal pada institusi Universitas Kadiri, dan sebagai dasar untuk menyelenggarakan dialog dengan kalangan bisnis, industri terkait, dan pengguna lainya.
  2. Bagi administrator institusi pendidikan adalah untuk menentukan prioritas dan pemilihan model pendidikan/pelatihan yang dapat dikembangkan sesuai dengan karakteristik di Universitas Kadiri.
  3. Bagi perencana alokasi sumber daya manusia adalah untuk mengembangkan konsep yang tepat dan memungkinkan dalam implementasi model pendidikan/pelatihan.

Buku Pedoman Tracer Study Universitas Kadiri dapat diunduh dibawah ini.


Dilihat 1119 kali
Link